DPRD Kabupaten Lebong Gelar Paripurna, Sampaikan Nota Pengantar Raperda APBD 2024

Avatar Of Tim Redaksi
Dprd Kabupaten Lebong Gelar Paripurna, Sampaikan Nota Pengantar Raperda Apbd 2024
DPRD Kabupaten Lebong Gelar Paripurna

Satujuang– DPRD Kabupaten mengadakan rapat ke-27 masa sidang III Tahun 2023 dengan penyerahan Nota Pengantar Raperda APBD 2024.

Rapat dibuka langsung Ketua DPRD , Carles Ronsen didampingi Waka I Dedi Haryanto dan Waka II Popi Ansa, serta dihadiri para anggota DPRD .

Dprd Kabupaten Lebong Gelar Paripurna, Sampaikan Nota Pengantar Raperda Apbd 2024

“Pembentukan Perda sebagai dasar di tingkat daerah untuk mengatur berbagai peraturan yang dibutuhkan,” ujar Ketua DPRD , Carles Ronsen dalam sambutannya, Senin (2/10/23).

Wakil , Fahrurozi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD karena telah menjadwalkan rapat ini.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Lebong, Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Masa Jabatan 2016-2021

Sekaligus sebagai momentum bagi daerah untuk menyampaikan nota keuangan Raperda APBD 2024.

“Raperda ini telah disusun berdasarkan rencana kerja daerah yang telah disinkronkan dengan kebijakan pusat dan provinsi,” terang Fahrurozi menambahkan.

Fahrurozi menekankan bahwa pertumbuhan di Kabupaten di tahun 2024 diperkirakan akan terus meningkat, dengan menjaga stabilitas makro.

Selain itu, situasi kondusif dan damai pada dan Pilkada serentak 2024 juga menjadi fokus untuk meningkatkan optimisme perekonomian jangka pendek.

Baca Juga :  Sidak Pasar Panorama, Gubernur Rohidin Minta Warga Tak Panik

“Penyusunan APBD Kabupaten Tahun 2024 mengikuti pedoman dari Permendagri Nomor 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah,” imbuh Fahrurrozi.

Sumber pendapatan utamanya masih berasal dari transfer dari pusat, sekitar 88 persen, dengan sisanya dari transfer provinsi dan Pendapatan Asli Daerah ().

Alokasi belanja daerah diarahkan untuk berbagai program, termasuk yang mendukung visi dan misi bupati untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten yang bahagia dan sejahtera.

“Selain itu, juga dialokasikan untuk mendukung lembaga penyelenggara dan pilkada, peningkatan kualitas SDM melalui , , perlindungan , infrastruktur, , dan reformasi birokrasi,” ungkapnya.

Baca Juga :  DPRD Lebong Gelar Paripurna, Bupati Kopli Sampaikan Nota Pengantar

Dimana struktur APBD tahun 2024 mencakup Pendapatan sebesar Rp.549.445.780.704 dan Belanja sebesar Rp.578.754.849.669, dengan rincian belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer.

Semua ini diharapkan akan memperkuat perekonomian Kabupaten , menjaga kesinambungan pembangunan , dan memberikan hasil terbaik bagi masyarakat setempat.(adv/NT/FK)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News