Pemko Batam BP Batam DPRD KEPRI Pemprov KEPRI

Visi dan Misi

Semboyan rakyat atau kerakyatan adalah jantung pers kami atau benchmark kami. Istilah kerakyatan ini diambil dari pemikiran founding fathers, Bung Hatta. Dalam Daulat Ra’jat, 10 Januari 1932, ia menulis:

“Kerakyatan mengandung arti bahwa kedaulatan ada pada rakyat. Segala Hukum (Recht, peraturan-peraturan negeri) haruslah bersandar pada perasaan keadilan dan kebenaran yang hidup dalam hati rakyat banyak, dan aturan penghidupan haruslah sempurna dan membahagiakan rakyat kalau ia berdasarkan kedaulatan rakyat”.

Pandangan tentang kerakyatan merupakan detak kehidupan jurnalistik media ini atau apa yang kami sebut sebagai Jurnalisme Kerakyatan. Ini adalah karakter dari media kami untuk mengajak pembaca luas yang semakin cerdas, kritis dan beragam (kompetitif).

Kami menginsafi bahwa pers memegang tanggung-jawab kolektif atas harapan orang-orang dan masa depan, dan ini adalah tugas yang dipikul pers kami; menjadi penyambung lidah rakyat untuk mewujudkan cita-cita kerakyatan.

Sikap tersebut merupakan wujud keberpihakan dan kami secara terus terang berpihak. Membela hak dan kepentingan rakyat umum artinya membela kebenaran. Inilah fungsi pers: memperjuangkan keadilan dan kebenaran sesuai Pasal 33 Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kami ingin berperan positif dalam penyajian opini publik yang sehat, segar, kritis dan membangun. Kami ingin menyajikan berita yang berkualitas, dimana fakta-fakta ditulis dengan renyah, tajam, cerdas, ringan, jernih, jenaka dan ilmiah.

Banyak warna kehidupan rakyat yang akan diulas dan diberitakan dalam rubrikasi kami. Sumber informasi yang kami hadirkan tidak hanya berita dalam bentuk teks, namun juga foto, gambar dan video. Untuk gambar secara khusus kami sediakan infografik yang bersifat edukatif, kritik, sosial dan kepahlawanan.

Kami mengajak Sdr(i) semua untuk berpartisipasi menjadi kontributor atau responden dengan mengirim tulisan, opini, komik, video, ke alamat email redaksi: admsatujuang@gmail.com. Ini merupakan usaha kami untuk membangun daerah dan masa depan rakyat yang lebih baik. Untuk rakyat Bengkulu hanya ada satu pedoman: Satujuang.

 

VISI

Menjadi media online yang terkemuka dan profesional dalam menyajikan berita berdasarkan fakta.

Menjadi perusahaan media online terpercaya untuk membangun masyarakat yang lebih cerdas dan bijaksana.

 

MISI

Selalu menerapkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam semua pemberitaan yang ditayangkan.

Mengembangkan pendidikan informasi yang mencerdaskan tanpa menyesatkan masyarakat dengan menyajikan berita yang proporsional sesuai fakta.

Mengedepankan kaidah-kaidah jurnalisme positif sesuai dengan tata aturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah.

Memberikan akses informasi dan wawasan pada masyarakat.

Mengembangkan basis pengetahuan masyarakat terhadap daerah.

Mengembangkan SDM dan teknologi informasi dengan menerapkan sistem menejemen yang berkelas.

Menerapkan strategi pertumbuhan media online serta meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemangku kepentingan lainnya.

Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra usaha dan mitra kerja secara sinergis dalam pengelolaan media online.

Memberikan nilai tambah yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan sekitar