Hadapi Krisis Pemanasan Global, Pakar Gagas Tirai Antariksa Raksasa

Avatar Of Yusnita
Hadapi Krisis Pemanasan Global, Pakar Gagas Tirai Antariksa Raksasa
ilustrasi

Satujuang- Seorang pakar terkemuka mendorong ide revolusioner dalam upaya mengatasi pemanasan global yaitu dengan pembuatan tirai antariksa raksasa di angkasa.

Dilansir dari CNN, Tim ahli ini, yang mewakili Planetary Sunshade Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang baru dibentuk, sedang mengembangkan konsep ini sebagai langkah serius dalam mengurangi dampak bencana akibat perubahan .

Planetary Sunshade Foundation menganggap tirai antariksa sebagai solusi kunci untuk manajemen radiasi Matahari (SRM) dan mengadvokasi peran krusialnya dalam usaha global melawan perubahan yang merugikan.

Dalam upaya mereka untuk merinci konsep ini, mereka menyusun makalah yang mendukung ide tersebut.

Fokus utama dari perjuangan melawan perubahan adalah pengurangan emisi, penghilangan karbon dioksida, dan manajemen radiasi Matahari.

Saat ini, komunitas internasional telah sepakat untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata dunia di bawah 1,5 derajat Celsius dari tingkat pra-industri.

Namun, para peneliti meramalkan bahwa kita mungkin akan melampaui batas tersebut dalam dekade mendatang.

Menghadapi kenyataan ini, Planetary Sunshade Foundation berpendapat bahwa strategi dekarbonisasi, meskipun penting, tidaklah cukup.

Direktur Eksekutif mereka, Morgan Goodwin, menyatakan bahwa untuk menghindari dampak terparah perubahan , langkah-langkah radikal, seperti menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, menghilangkan karbon dari atmosfer, dan membatasi radiasi Matahari, perlu diambil segera.

Goodwin menegaskan bahwa dari berbagai metode yang diajukan, tirai antariksa raksasa adalah solusi yang paling menjanjikan.

Menurutnya, tirai ini memiliki keunggulan signifikan yang membuatnya layak diinvestasikan.

Dalam laporan terbarunya pada Oktober 2023, Planetary Sunshade Foundation menyebutkan bahwa tirai raksasa ini, yang direncanakan untuk mengorbit dekat dengan titik Lagrange-1 Matahari-Bumi, mampu memblokir sekitar 0,5 persen dari energi Matahari yang masuk, yang diperkirakan dapat mengurangi pemanasan antropogenik sebesar 1 derajat Celsius.

Tirai ini juga dirancang dengan elemen yang dapat disesuaikan untuk mengatur ukurannya sesuai kebutuhan.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *