Agenda Rutin, PPI RSKJ Soeprapto Gelar Edukasi Kepada Keluarga Pasien

Avatar Of Wared
Agenda Rutin, Ppi Rskj Soeprapto Gelar Edukasi Kepada Keluarga Pasien
[Kanan] Ismayati saat memberikan edukasi kepada salah seorang keluarga pasien

– Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto melaksanakan kegiatan edukasi Etika Batuk kepada pasien, Senin (29/5/23).

Kegiatan digelar di Ruang Tunggu Poli Rawat , dengan pemateri dari komite Perawat Pencegah Infeksi (PPI), Ismayati S.Kep Ns.

“Kegiatan edukasi seperti ini, rutin kita laksanakan. RSKJ punya jadwal sendiri untuk kegiatan edukasi setiap bulannya,” sampai Ismayati usai kegiatan.

Baca Juga :  Gasak Besi Milik Panti Asuhan, Tim Opsnal Macan Gading Amankan Pelaku

Hari ini selain etika batuk, juga diajarkan tata cara mencuci tangan yang benar. Tidak hanya menyampaikan materi, pasien juga langsung dicontohkan dengan praktek oleh Ismayati

Ismayati menjelaskan, selain kepada pasien, Edukasi oleh PPI juga diwajibkan kepada kepada siswa yang sedang magang di RSKJ dan juga pada tenaga (Nakes) pindahan.

“Harus orientasi dulu ke komite PPI untuk diberikan edukasi seperti ini, jadi sebelum ke pelayanan mereka harus tau dulu tindakan yang wajib mereka jalankan,” tutur Ismayati.

Baca Juga :  Lima Titik ini Ada Kamera ETLE, Polda Bengkulu : 8 Titik Menyusul

Ia menuturkan, pemahaman tentang cara mencuci tangan yang benar, etika batuk hingga soal penangan limbah yang dihasilkan selama di RSKJ, tidak lain adalah untuk meningkatkan kwalitas pelayanan RSKJ.

Walaupun sering dianggap mudah oleh orang kebanyakan, jelas Ismayati, namun ternyata masih banyak yang belum mengerti, terbukti saat pasien saat diminta untuk mempraktekkan, ada yang belum bisa melakukan.

Baca Juga :  M Redwan Arif Jadi Keynote Speaker Fis Expo Workshop Jurnalistik Unived Bengkulu

“Sudah menjadi tugas kami untuk mengedukasi, baik para nakes dan pasien. Agar kwalitas kesehaan kita tetap terjaga,” pungkasnya mengakhiri. (Red/Adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News