Amalan Sehari-hari untuk Kesejahteraan Mental dan Emosional Anda

Avatar Of Yusnita
Amalan Sehari-Hari Untuk Kesejahteraan Mental Dan Emosional Anda
Praktik Gratitude

Satujuang– Kesejahteraan mental dan emosional adalah aspek penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan, menjaga mental dan emosional kita menjadi semakin krusial.

Berikut ini adalah beberapa amalan sehari-hari yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional Anda:

1. Meditasi dan Mindfulness:

Melibatkan diri dalam praktik meditasi dan mindfulness dapat membantu meredakan stres, meningkatkan fokus, dan menciptakan kedamaian dalam pikiran.

Sumber: Kabat-Zinn, J. (2003). “Mindfulness-based interventions in context: Past, present, and future.” *Clinical Psychology: Science and Practice, 10*(2), 144-156.

2. Teratur:

Aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi endorfin, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala stres.

teratur juga terbukti dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan.

Sumber: Craft, L. L., & Perna, F. M. (2004). “The benefits of exercise for the clinically depressed.” *Primary Care Companion to the Journal of Clinical Psychiatry, 6*(3), 104-111.

3. Hubungan yang Positif:

Membangun hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitar Anda dapat memberikan dukungan emosional dan memperkuat kesejahteraan mental.

Keterlibatan terbukti dapat melindungi terhadap risiko gangguan mental.

Sumber: House, J. S., Landis, K. R., & Umberson, D. (1988). “Social relationships and health.” *Science, 241*(4865), 540-545.

4. Praktik Gratitude:

Menyadari dan menghargai hal-hal baik dalam hidup dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi fokus pada hal-hal negatif.

Praktik gratitude terbukti dapat memberikan manfaat psikologis yang signifikan.

Sumber: Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2003). “Counting blessings versus burdens: Experimental studies of gratitude and subjective well-being in daily life.” *Journal of Personality and Social Psychology, 84*(2), 377-389.

5. Keterlibatan dalam Kegiatan Kreatif:

Mengekspresikan diri melalui seni atau kegiatan kreatif lainnya dapat menjadi saluran positif untuk mengatasi stres dan meredakan tekanan emosional.

Sumber: Stuckey, H. L., & Nobel, J. (2010). “The connection between art, healing, and public health: A review of current literature.” *American Journal of Public Health, 100*(2), 254-263.

Dengan mengintegrasikan amalan-amalan ini ke dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat merangsang pertumbuhan kesejahteraan mental dan emosional.

Selalu ingat bahwa mental sama pentingnya dengan fisik, dan upaya yang Anda lakukan untuk merawatnya akan membawa dampak positif dalam kehidupan Anda secara keseluruhan.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *