BNN Tulungagung Sidak Tes Urine Sekolah dan Instansi Pemerintah

Avatar Of Yusnita
Bnn Tulungagung Sidak Tes Urine Sekolah Dan Instansi Pemerintah
BNN Tulungagung sidak tes urine di sejumlah sekolah dan instansi pemerintah.

Satujuang– Dalam rangka implementasi Operasi Extra Ordinary Crime (EOC), BNN sidak tes urine di sejumlah sekolah dan instansi .

“Sidak ini dilakukan selama empat hari, mulai tanggal 23 hingga 26 Oktober 2023,” ujar Kepala BNNK , Rose Iptriwulandhani, Kamis (26/10/23).

Rose menjelaskan bahwa dua sekolah, yakni SMKN 1 dan SMPN 2 Pakel, serta instansi seperti BPBD dan Inspektorat Kabupaten , menjadi subjek pengujian.

Baca Juga :  Banyak Yang Salah Persepsi, Ternyata RSKJ Soeprapto Bengkulu Punya Ini

Hasilnya, dari sekitar 125 sampel urine yang melibatkan siswa, , kepala sekolah, dan anggota instansi , tidak ada yang terindikasi penyalahgunaan .

“Tes urine ini menggunakan metode rapid test dengan 7 parameter untuk mendeteksi berbagai jenis , termasuk Amphetamine, Ekstasi, Morphine, Ganja, Methamphetamine, Cocaine, Benzodiazepine, dan Somadril,” terang Rose.

Metode ini dipilih karena lebih praktis, cepat, dan tidak memakan banyak waktu dibandingkan dengan tes darah atau . Selain itu, dalam urine atau air liur lebih mudah dideteksi.

Baca Juga :  Skandal Perselingkuhan di Blitar: Suami Gerebek Istri di Kamar Hotel

Operasi EOC ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap (P4GN).

Joko Widodo memandang bahwa kejahatan di telah mencapai tingkat luar biasa dan memerlukan penanganan khusus,” imbuh Rose.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan Polres Blitar Larang Masyarakat Bunyikan Petasan

Oleh karena itu, penegakan yang tegas diperlukan untuk memberikan efek jera kepada pelaku .

Adapun tingkat prevalensi penyalahguna di yang mencapai 1,95%, tindakan deteksi dini seperti tes urine di sekolah dan instansi menjadi langkah penting.(NT/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News