Bupati Blitar Sambang Desa, Beri Semangat Petani dan Peternak Wujudkan Ketahanan Pangan

Avatar Of Arief
Bupati Blitar Sambang Desa, Beri Semangat Petani Dan Peternak Wujudkan Ketahanan Pangan
Bupati Blitar Rini Syarifah kembali melaksanakan kegiatan OVOP di di desa Bendorejo Kecamatan Udanawu

– Bupati Hj. Rini Syarifah kembali melaksanakan kegiatan Sambang Desa atau yang dikenal dengan OVOP (One Village One Product).

Kegiatan OVOP kali ini, Rini yang didampingi Asisten III dan Kepala OPD terkait meninjau langsung produk di desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten , Selasa (20/6/23)

“Ada dua desa yang potensi pertaniannya luar biasa keren yaitu desa Bendorejo ini dan desa Besuki Kecamatan Udanawu, ujar Rini saat sambutan di depan para pelaku dan petani yang hadir.

Dijelaskan, banyak produk di dua desa tersebut memakai pupuk biosaka sehingga hasilnya maksimal.

Ini yang kami harapkan. Dengan memakai produk biosaka hasilnya lebih meningkat dan lebih bagus termasuk tadi pengolahan ,” kata Rini saat diwawancara awak media.

Lanjutnya, dalam acara tadi ada beberapa kendala yang disampaikan para pelaku dan petani sehingga terjadi diskusi untuk mencari solusinya.

Yang jelas, saya yakin Desa Bendorejo dan Desa Besuki ini bisa menjadi harapan kami untuk meningkatkan ketahanan ,” optimis Rini.

Bupati yang akrab disapa Mak Rini ini juga mengungkap satu produk bernama madu Condro yang sangat berpotensi untuk dijual ke luar pulau.

Menurutnya, ini potensi yang harus di dorong seperti halnya petani anggrek yang ikut pameran di dan meraih juara 3.

Kita harus kembangkan potensi yang ada di Kecamatan Udanawu ini, baik itu hasil yang sudah berupa olahan maupun agro. Kita akan support dan dampingi terus,” ujar Mak Rini.

Mak Rini juga menyoroti para petani yang hadir dalam acara OVOP yang menurutnya rata-rata telah berusia lanjut.

Saya ingin ada petani dan peternak milenial karena petani dan peternak milenial sangat paham dengan teknologi apalagi digitalisasi itu penting. Krena mulai dari industri pengolahan sampai nanti pemasarannya membutuhkan digital dan teknologi yang selalu berkembang dan ilmu ini - muda yang pegang, harap Mak Rini.

Di akhir Mak Rini berpesan agar warga Desa Bendorejo dan Desa Besuki bisa bersinergi untuk ketahanan dengan membangkitkan semangat dan mental pantang menyerah.

Sehingga nanti dan apapun yang menimpa ke depan kita tetap bisa bertahan. Salah satunya juga terus mengembangkan teknologi yang lebih canggih untuk masa depan,” pungkas Mak Rini Syarifah. (ADV/kmf/ADV)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *