Debat Perdana Cawapres, Prabowo-Gibran Unggul dalam Survei Pemilu 2024

Avatar Of Yusnita
Debat Perdana Cawapres, Prabowo-Gibran Unggul Dalam Survei Pemilu 2024
Gibran Rakabuming Raka dalam debat perdana Cawapres

Satujuang- Debat kedua Pemilihan 2024 yang merupakan debat perdana memunculkan penilaian kuat terhadap penampilan Gibran Rakabuming Raka.

Dilansir dari cnbc, Gibran sebagai calon wakil () berhasil mencuri perhatian publik pada debat perdana , Jumat (22/12/23) .

Riset Continuum Indef menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran mendapatkan sentimen positif sebesar 77,69%, sementara sentimen negatif hanya 22,31%.

Di sisi lain, Cak Imin dari Anies-Imin mendapatkan sentimen negatif yang tinggi, dipicu oleh penilaian rendah terhadap performanya selama debat.

Berbagai lembaga survei terus merilis hasil survei terkait elektabilitas calon dan wakil .

Meskipun Prabowo-Gibran masih unggul dalam sejumlah survei, survei Roy Morgan Poll mencatat keunggulan Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas mencapai 38%.

Ini menunjukkan variasi hasil antar lembaga survei.

Survei Poltracking menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 45,2%, sedangkan Ganjar-Mahfud hanya mencapai 27,3%.

Sementara itu, survei Litbang Kompas mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39,3%, unggul jauh dari Anies-Cak Imin.

Survei dari Arus Survei (ASI) di Pulau Jawa menunjukkan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas 34,2%, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 30,7% dan Anies-Cak Imin dengan 26,3%.

Hasil ini mencerminkan ketidakpastian di Pulau Jawa, di mana setengah pemilih 2024 berada.

Survei Populi Center menunjukkan elektabilitas tertinggi untuk Prabowo-Gibran sebesar 46,7%, sedangkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin mendapatkan angka yang sama, yaitu 21,7%.

Dalam simulasi elektabilitas oleh Indikator , Prabowo-Gibran juga memimpin dengan 45,8%, sementara Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin masing-masing mencapai 25,6% dan 22,8%.

Meskipun hasil survei memberikan gambaran yang beragam, Prabowo-Gibran secara konsisten menunjukkan performa yang solid dalam sebagian besar survei.

Pemilihan satu putaran atau dua putaran masih menjadi pertanyaan, namun Prabowo-Gibran diyakini memiliki potensi untuk lolos ke putaran kedua berdasarkan hasil simulasi dari Indikator .

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *