Hukum  

Diduga Sengaja Dibakar, Asap Tebal Kepung Rumah Warga Timbulkan Kepanikan

Avatar Of Tim Redaksi
Diduga Sengaja Dibakar, Asap Tebal Kepung Rumah Warga Timbulkan Kepanikan
Suasana di lokasi kebakaran

Satujuang.com– Diduga sengaja dibakar, asap tebal kepung perumahan penduduk sehingga memicu terjadinya kepanikan ditengah masyarakat.

Pihak Kepolisian setempat menyebut, ini berasal dari lahan yang tidak terurus didekat perumahan warga dan diduga ada unsur kesengajaan.

Diduga Sengaja Dibakar, Asap Tebal Kepung Rumah Warga Timbulkan Kepanikan

“Kami sedang menyelidiki penyebab ini, termasuk kemungkinan adanya unsur kesengajaan,” ujar , Kombes Pol Aris Sulistyono, Senin (11/9/23).

Dijelaskan Aris, kejadian terjadi pada siang hari Senin (11/9) sekitar Pukul 11.30 WIB di lahan tersebut, menghasilkan gumpalan asap yang tinggi.

Baca Juga :  Perselingkuhan dan KDRT, Pasangan Suami Istri Asal Lebong Ini Pilih Rujuk

Api diperkirakan merambat dari bagian bawah tanaman yang kering (lahan gambut) dan membuatnya berkembang semakin besar.

“Asap mencapai Perumahan Permai 5, memaksa warga untuk mengungsi karena asap yang tebal dapat mengganggu pernapasan,” imbuh Aris.

Tim pemadam berupaya memadamkan api, tetapi kesulitan masuk ke sumber api, sehingga mereka menggunakan selang yang ditarik hingga mencapai titik api.

Baca Juga :  Polsek Muara Bangkahulu Berhasil Selamatkan BB Pencurian Mobil di Empat Lawang

Polisi telah menetapkan garis polisi di daerah yang terbakar dan akan berkoordinasi dengan Satgas Karhutla untuk mengungkap penyebab pasti ini.

“Saya menghimbau agar pembukaan lahan tidak dilakukan dengan cara membakar, karena tindakan ini dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk pada warga sekitar,” terang Aris.

Baca Juga :  Lakukan Pencabulan Sejak 10 Tahun Lalu, Pedofil Dari BU Baru Dilaporkan

Adapun luas lahan yang terbakar mencapai 3 hektar, dan akibat asap tebal ini, SLB Negeri 3 terpaksa diliburkan dari kegiatan belajar mengajar.

Akhirnya, pada Pukul 14.00 WIB, upaya pemadaman api di lahan tersebut berhasil dilakukan dengan keterlibatan tim gabungan dari Damkar , kepolisian, dan instansi lainnya.(NT/Oza)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News