Galau Lamaran Kerja Selalu Ditolak? Intip Cara Membuat CV Berikut Agar Lolos

Avatar Of Yusnita
Galau Lamaran Kerja Selalu Ditolak? Intip Cara Membuat Cv Berikut Agar Lolos
ilustrasi

Satujuang– Mencari pekerjaan bisa menjadi perjalanan yang menantang, terutama jika terus menghadapi penolakan dalam proses lamaran kerja.

Salah satu elemen kunci yang dapat mempengaruhi keberhasilan lamaran adalah Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup.

CV yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di tempat kerja yang diinginkan. Berikut adalah beberapa untuk membuat CV yang menarik dan meningkatkan peluang Anda untuk lolos seleksi.

1. Format CV yang Jelas dan Menarik

Format CV yang rapi dan mudah dibaca dapat memberikan kesan positif kepada perekrut. Gunakan format yang bersih dan urutkan informasi secara terstruktur.

Pastikan untuk menyertakan bagian yang mencakup informasi pribadi, tujuan karier, riwayat , pengalaman kerja, keterampilan, dan referensi.

2. Desain yang Profesional

Tampilan visual CV juga penting. Pilih desain yang bersih, profesional, dan mudah dibaca. Hindari penggunaan font yang terlalu berlebihan atau warna yang terlalu mencolok.

Kesederhanaan seringkali lebih efektif dalam membuat kesan yang baik.

3. Highlight Keahlian dan Pencapaian

Berikan perhatian khusus pada bagian keterampilan dan pencapaian Anda. Sertakan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Jelaskan pencapaian Anda dalam pekerjaan sebelumnya dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung kualifikasi Anda untuk posisi yang diinginkan.

4. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Setiap pekerjaan memiliki persyaratan dan kualifikasi yang berbeda. Sesuaikan CV Anda dengan posisi yang dilamar.

Tinjau kembali deskripsi pekerjaan dan pastikan CV Anda menyoroti kualifikasi dan pengalaman yang sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan.

5. Gunakan Bahasa yang Tepat dan Jelas

Gunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan profesional dalam penyusunan CV Anda. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit dan singkat.

Pemilihan kata yang tepat dapat meningkatkan daya tarik CV Anda.

 

Sumber:

– DePauw University. “Creating Your Professional Resume.” [www.depauw.edu](https://www.depauw.edu/site/assets/files/58622/creating_your_professional_resume_-_updated_november_2017.pdf).

– The Balance Careers. “How to Create a Professional Resume.” [www.thebalancecareers.com](https://www.thebalancecareers.com/how-to-create-a-professional-resume-2063237).

Dengan menerapkan di atas, diharapkan CV Anda dapat menonjolkan diri dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan.

Jangan lupa untuk terus mengasah dan mengupdate CV Anda sesuai dengan perkembangan karier dan pencapaian terbaru. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan!

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *