Kasus Kopi Sianida Didokumenterkan, Ini 7 Fakta Film Ice Cold

Avatar Of Tim Redaksi
Kasus Kopi Sianida Didokumenterkan, Ini 7 Fakta Film Ice Cold
Film Ice Cold

Satujuang– Dalam kasus Wayan Mirna Salihin menggunakan sianida pada tahun 2016, Jessica Kumala Wongso telah terbukti sebagai pelaku.

Dalam persidangan, terungkap Jessica telah merencanakan tindakan tersebut dengan matang.

Kasus Kopi Sianida Didokumenterkan, Ini 7 Fakta Film Ice Cold

Setelah melalui serangkaian sidang, Jessica Wongso divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Pusat.

Saat ini, dia sedang menjalani hukumannya di Rutan Pondok Bambu, Timur.

Kasus ini rencananya akan difilm dokumenterkan dengan judul “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso”.

ini sendiri diproduksi oleh Netflix akan mengungkapkan perjalanan kasus ini.

Serta pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang masih mengitari persidangan Jessica Wongso bertahun-tahun setelah kematian Wayan Mirna Salihin.

ini dijadwalkan akan tayang pada bulan September ini, berikut faktanya:

1. Dokumenter Netflix tentang Indonesia

Enggak banyak dokumenter Netflix yang bahas tentang Indonesia, ada Banda: The Dark Forgotten Traill atau Kemarin.

Tapi dua itu bukan konten original Netflix. Nah Ice Cold: Murder, Coffee an Jessica Wongso ini adalah karya dokumenter Netflix pertama yang full bahas tentang sebuah kasus yang tejadi di Indonesia.

Kontennya memang memuat tentang bagaimana proses kematian Wayan Mirna Salihin yang terjadi pada 6 Januari 2016 juga segala informasi pendukungnya.

Baca Juga :  Kembali Dari Papua, Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Disambut Pangdam

2. Kasus paling menyita perhatian

Wayan Mirna Salihin bukanlah pejabat publik atau artis terkenal, tidak ada yang kenal nama dia sebelum akhirnya semua orang tau kematiannya.

Kasus ini terjadi pada tahun 2016 lalu dan benar-benar menyita perhatian publik luas. Pasalnya penguraian kasus ini dirasa begitu alot dan bertele-tele.

Bahkan sampai akhirnya hakim ketok palu dan menunjuk Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka, tidak ada bukti yang benar-benar kongkret yang menjabarkan jika memang Jessica pelakunya.

Sampai putusan final pun Jessica enggak pernah mengakui jika ia adalah pembunuh Mirna. Sepanjang 10 bulan kasus ini terus menerus menghiasi layar televisi dan kanal media online.

3. Hadirkan pendapat dari banyak sisi

Sebagaimana dokumenter, ini akan mengambil banyak pendapat dari berbagai sisi. Ayah Mirna, Darmawan jadi salah satu narasumber utama yang keterangannya menarik untuk disimak.

Ketika persidangan, dia adalah sosok paling vokal untuk memperjuankan keadilan bagi anaknya. Selain itu ada juga pendapat dari Otto Hasibuan kuasa hukum Jessica.

Ia yang berbulan-bulan mendampingi Jesica masih merasa jika keputusan hakim menjatuhkan vonis adalah keputusan yang enggak tepat.

Selain itu ada juga Fristian Griec Kompas Tv yang selama kasus ini berlangsung setia mengawal dan memberikan sudut pandanganya pada penonton.

Baca Juga :  PAN Umumkan 9 Nama Capres di Rakernas, Salah Satunya Disoraki

Berbagai pendapat dari banyak sudut pandang ini akan semakin membuat Ice Cold menarik untuk disimak.

4. Hadirkan Berbagai Teori

Seperti kasusnya yang berlarut-larut. Kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin memang sempat timbulkan banyak teori dan asumsi di publik.

Banyak yang menilai jika Jessica memang pembunuh Mirna. Tapi ada juga sebagian orang yang berteori jika bukan Jesica pelaku Wayan Mirna Salihin.

Teori-teori ini berdar di masyarakat. Nah dalam fim ini beberapa teori tersebut dijabarkan terkait siapa pembunuh Mirna dan apa motif yang dilakukan si pembunuh untuk menghabisi nyawa seorang Wayan Mirna Salihin.

5. Menelisik lebih dalam dari segi forensik

Selama ini kita mengetahui jika Wayan Mirna Salihin meningal dunia karena diracuni oleh racun sianida yang menggenang di gelas kopinya.

Racun yang hanya beberapa mili masuk ke dalam tubuhnya sudah cukup untuk membuat itu kehilangan nyawa.

Tapi mungkin kita penaaran seperti apa kejamnya racun sianida ketika masuk ke dalam tubuh manusia.

Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso akan mengambil sudut pandang juga dari keilmuan forensik.

Bagaimana kondisi tubuh Wayan Mirna Salihin ketika racun sianida masuk ke dalam tubuhnya dan dibutuhkan waktu berapa lama setelah ia menenggak beracun hingga nyawanya melayang.

Baca Juga :  Pemkab Sidoarjo Bagi-Bagi 2.000 Beasiswa Kuliah

Dalam ini detil seperti itu nampaknya akan ditampilkan.

6. Siarkan wawancara eksklusif dengan Jessica Wongso

Ini yang mungkin jadi salah satu daya tarik eksklusifnya konten Ice Cold, ini disebutkan mengambil wawancara langsung dengan terpidana Jessica Kumala Wongso yang kini mendekam di penjara.

Wawancara ini akan jadi bagian penting dalam untuk membentuk perspektif penonton ketika menyaksikannya.

Apakah yang akan disampaikan oleh Jessica adalah kesaksian yang sama dengan yang telah ia utarakan dalam atau ada hal lain yang baru terungkap dan bisa ia jelaskan dalam wawancara eksklusifnya.

7. Durasi 86 menit

Untuk melihat bagaimana seperti apa kesaksian dari banyak orang yang muncul dalam ini dan untuk mengurai cerita dari awal hingga akhir, dikemaslah Ice Cold dalam durasi 86 menit.

Sebuah durasi yang enggak terlalu panjang tapi enggak terlalu pendek. Durasi 86 ini akan membawa penonton pada deretan fakta mengenai kasus kematian Wayan Mirna Salihin.yf

Itu tadi sederet fakta tentang Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.(jawapos)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News