Kembang Bulan: Si Tanaman Ajaib yang Mampu Menyembuhkan Penyakit Tertentu

Avatar Of Tim Redaksi
Kembang Bulan: Si Tanaman Ajaib Yang Mampu Menyembuhkan Penyakit Tertentu
Tanaman Kembang Bulan

Satujuang.com – Kembang bulan, atau dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Plectranthus amboinicus, merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di dan negara-negara tropis lainnya.

Tanaman ini memiliki daun hijau yang beraroma kuat dan sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, selain digunakan sebagai bahan masakan, kembang bulan juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kembang Bulan: Si Tanaman Ajaib Yang Mampu Menyembuhkan Penyakit Tertentu

 

Beberapa manfaat dari kembang bulan antara lain:

1. Meredakan Batuk dan Flu

Baca Juga :  Industri Video Game Indonesia Tertinggal 10 Tahun Di Banding China, Korsel dan Jepang

Kembang bulan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu meredakan batuk dan flu. Caranya, ambil beberapa daun kembang bulan dan rebus dengan air. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan ini secara teratur untuk meredakan batuk dan flu.

 

2. Menjaga Saluran Pencernaan

Kembang bulan memiliki kandungan senyawa yang mampu meningkatkan fungsi saluran pencernaan, seperti meredakan sakit perut, diare, dan sembelit. Caranya, ambil beberapa daun kembang bulan, rebus dengan air, saring dan minum ramuan ini secara teratur.

Baca Juga :  Bagaimana Ramadan Memengaruhi Kesehatan Mental dan Emosional?

 

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Kembang bulan juga berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan. Caranya, rebus beberapa daun kembang bulan dengan air dan tambahkan garam secukupnya. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur secara teratur.

 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kembang bulan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan infeksi dan penyakit. Minumlah teh kembang bulan secara teratur untuk menjaga tubuh.

Baca Juga :  Ambulance Punya 4 Jenis Suara Sirine, Yuk Kenali Artinya

 

 

Sumber:

1. Nurulita YS, Sulistiyani. 2014. Plectranthus amboinicus sebagai tanaman obat: ulasan penelitian. Jurnal Sains dan Teknologi Farmasi, 19(2): 94-103.

2. Handayani T, Rizki FA, Nurcahyani N. 2018. Pemanfaatan Plectranthus amboinicus sebagai tanaman obat: Review. Prosiding Seminar Sains dan Teknologi, 2(1): 155-163.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News