Kota Batu Dapat Nilai Memuaskan Kategori A

Avatar Of Wared
Kota Batu Dapat Nilai Memuaskan Kategori A
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu (Kabid Diskominfo), Onny Ardianto terima piagam penghargaan

Satujuang- dapat nilai memuaskan kategori A dalam “Ekspose Hasil Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 dan Pemberian Apresiasi Perangkat Daerah untuk Percepatan Reformasi Birokrasi”.

Kegiatan yang digelar di Hotel Horison pada Rabu (8/11/23) ini Pj.Walikota Batu, Aries Agung Paewai hadir bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dra.Diyah Kuswardani MM dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi , yang hadir dalam kesempatan ini menyampaikan hasil pengawasan kearsipan internal tahun 2023.

Menurut Diyah Kuswardani, mendapatkan nilai Memuaskan Kategori A. Namun demikian, masih ada beberapa masalah kearsipan di .

“Beberapa masalah kearsipan di adalah belum optimalnya daerah dalam memenuhi capaian Indikator Kinerja Kunci,” papar Diyah.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Hari Santri Nasional, Aries: Sebuah Momen Istimewa

daerah juga disebut belum cukup mampu menyediakan untuk kebutuhan pengelolaan arsip dinamis.

Belum memiliki kemampuan sumber daya yang memadai untuk membuat pedoman kearsipan dan pengelolaan arsip dinamis yang memenuhi standar .

“Serta sarana dan prasarana ruang penyimpanan arsip yang belum optimal pemanfaatannya,” ungkap Diyah.

Dalam kesempatan ini diberikan penghargaan untuk 10 OPD lama dan 3 OPD baru di karena mendapatkan penilaian terbaik.

Selain itu diberikan pula piagam penghargaan terkait Pameran Inovasi Pelayanan Publik dengan pengunjung terbanyak, SKPD terinovasi, dan stan terbaik.

Baca Juga :  Pemkot Batu Raih Opini WTP Untuk Ketujuh Kalinya

Sementara itu, penilaian penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman diberikan kepada DPMPTSP dan Puskesmas Sisir dengan Kategori Hijau. Sedangkan untuk nilai Sakip Award diberikan kepada 30 OPD.

Pj.Walikota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya menekankan pentingnya memperkuat administrasi di lingkungan masing-masing.

Ia juga menyoroti pentingnya pengelolaan kearsipan sebagai hal yang tidak boleh dianggap sepele.

Dalam penilaiannya, Aries menekankan bahwa masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki, namun masih ada waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan itu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dianggap sebagai pihak yang dapat membimbing dalam hal ini.

Baca Juga :  Kenalkan Budaya Lokal, Mocopot Idol Kembali Digelar di Kota Batu

“Harapannya dengan penyelenggaraan kearsipan yang baik, akuntabilitas akan meningkat, keterbukaan informasi lebih terjamin,” ujar Aries.

Menurut Aries, kelola administrasi yang baik dan penyelenggaraan yang teratur adalah kunci untuk mencapai reformasi birokrasi yang diinginkan.

Aries ingin semua OPD mau belajar dari OPD lain yang telah mencapai tingkat keunggulan dalam sistem informasi dan tidak ada lagi egosektoral.

“Selamat kepada para pejabat yang telah berprestasi. Mari kita tingkatkan lagi, tidak boleh ada egosektoral agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi,” pungkas Aries. (dws)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *