Lembaga Arsa Indonesia Menggelar Sosialisasi Wawasan dan Bela Negara Kepada Pemuda Brebes

Avatar Of Arief
Lembaga Arsa Indonesia Menggelar Sosialisasi Wawasan Dan Bela Negara Kepada Pemuda Brebes
Lembaga Arsa Indonesia menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada pemuda di Desa Pende Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes

– Lembaga Arsa menyelenggarakan kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Bagi Generasi penerus Bangsa.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Pariwisata Provinsi ini berlangsung di Balai Desa Pende Kecamatan Kersana Kabupaten , Rabu (21/6/23).

Para pemuda dan Karang Taruna Kecamatan Ketanggungan dan Kecamatan Kersana yang hadir sebagai peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Tujuan dari ini untuk meningkatkan rasa kebangsaan generasi muda agar mau terlibat dan berkarya untuk memajukan bangsa di mulai dari wilayah tempat tinggalnya masing-masing, kata Ketua Lembaga Arsa , Jamal Saputra yang juga sebagai ketua Panitia pelaksana .

Jamal berharap dengan adanya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini dapat membuka wawasan generasi muda untuk menciptakan inovasi-inovasi yang kreatif kemudian mengaplikasikannya melalui teknologi digital dan BUMDes.

Joko Hariyanto, Anggota DPRD Provinsi JawaTengah dari Fraksi yang didapuk sebagai narasumber menyoroti peran aktif pemuda dengan memanfaatkan keberadaan BUMDes.

BUMDes akan luar biasa apabila para pemuda tertarik untuk ikut mengelola. Contohnya dengan membuat perusahaan dibawah BUMDes, ujar Joko.

Sebagai Anggota DPRD yang membidangi Ketenakerjaan, Joko akan mewajibkan investor yang ada di untuk melibatkan pemuda-pemuda lokal.

Pemuda harus paham bahwa BUMDes boleh mempunyai - perusahaan yang nantinya bisa bekerja sama dengan kebutuhan Investor sehingga bisa menghasilkan duit, jelas Joko.

Sedangkan narasumber lainnya, Sri Bekti Sulistiyo yang mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Pariwisata Provinsi lebih fokus terhadap kualitas sumberdaya pemuda.

Menurutnya, tantangan generasi muda ke depan lebih komplek dan membutuhkan penanganan masalah secara konperensif.

Apabila pemuda dengan kemampuan SDM yang mumpuni mampu mengambil peran maka negara ini akan kuat dan besar, pesan Sri.

Untuk itu dibutuhkan pemuda yang tangguh agar dapat menghadapi tantangan-tantangan zaman dan cita-citanya dapat tercapai.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pende, Kayo selaku tuan rumah mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini kepada para pemuda.

Karena fenomena sekarang banyak muda sering melakukan sehingga meresahkan masyarakat.

Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan kebangsaan dan kerukunan antar pemuda agar tidak lagi melakukan hal-hal yang dapat memecahbelah persatuan bangsa, pungkas Kades Pende. (red/Ags)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *