Manfaat Tidur Siang, Kunci Kesehatan dan Produktivitas

Avatar Of Yusnita
Manfaat Tidur Siang, Kunci Kesehatan Dan Produktivitas
Ilustrasi tidur siang

Satujuang- Dr. Ngabila Salama, seorang praktisi masyarakat, menegaskan bahwa tidur siang yang berkualitas memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi tubuh manusia.

Menurutnya, tidur siang tidak hanya dapat menjaga konsentrasi dan kewaspadaan, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati serta menurunkan tekanan darah.

Ngabila menegaskan bahwa tidur siang tidak memerlukan waktu yang panjang dan dapat dilakukan di sela-sela kesibukan.

Baca Juga :  Eksistensi Ratu Pantai Selatan, Mitos atau Realitas?

Lebih lanjut, Ngabila menjelaskan bahwa tidur siang memberikan efek relaksasi pada tubuh dan jika dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, dapat meningkatkan daya ingat, keterampilan motorik, dan persepsi indera.

Dia juga menekankan bahwa tidur siang dapat meningkatkan performa dalam pekerjaan dan mengurangi risiko melakukan kesalahan.

Terkait manfaat lainnya, Ngabila menyoroti bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan diri, dengan memulihkan otak dari kelelahan akibat informasi yang diterima sehari-hari.

Baca Juga :  Mengenal Buah Pawpaw: Primadona yang Turun Tahta

Ia menambahkan bahwa tidur siang dapat membantu otak dalam menyaring informasi yang tidak perlu, sehingga meningkatkan efektivitas dalam menyerap informasi baru.

Menurut staf teknis transformasi Kementerian , tidur siang selama 15 menit setiap hari juga dapat membantu mengurangi stres.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud 5W1H ?

Ngabila menegaskan bahwa kreativitas dapat meningkat dengan tidur siang sebentar, serta menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung karena penurunan hormon kortisol.

Dengan tidur siang meski sebentar, stres dapat berkurang dan tekanan darah tetap stabil.(NT/antara)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News