Musrenbangdes Banding Agung, Prioritas Tahun 2023 dan Peningkatan Bumdes

Avatar Of Tim Redaksi
Musrenbangdes Banding Agung, Prioritas Tahun 2023 Dan Peningkatan Bumdes
Saat Musrenbangdes Banding Agung

Satujuang.com- Desa (Pemdes) Banding Agung, Kecamatan Seginim, Kabupaten Selatan, menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Musrenbangdes dilaksanakan di Balai Desa Banding Agung sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pihak kecamatan.

Musrenbangdes Banding Agung, Prioritas Tahun 2023 Dan Peningkatan Bumdes

“Musrenbangdes merupakan kegiatan tahunan yang penting, dimana Rencana Kerja Desa (RKPDes) disepakati untuk periode satu tahun,” ujar Kepala Desa (Kades) Sahrudin, Selasa (21/6/23).

Baca Juga :  Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Desa Pasar Baru Terima Bantuan Bibit

Selama Musrenbangdes, semua pihak, termasuk masyarakat dan lembaga kemasyarakatan, berpartisipasi untuk menentukan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Dana pembangunan berasal dari berbagai sumber, seperti ADD, , Pendapatan Asli Desa, Provinsi dan sumber lainnya.

“Musrenbangdes ini didasarkan pada kajian, evaluasi, dan analisis yang telah dilakukan oleh Tim penyusun RKPDes sejak bulan Juni 2022,” imbuh Kades.

Baca Juga :  Wartawan Media Online Ini Siap Bertarung di Pilkades Serentak Mukomuko

Dimana selama tiga tahun terakhir, diprioritaskan untuk penanganan pandemi dan untuk tahun 2023, diharapkan bisa dimaksimalkan sesuai rencana desa.

Acuan utama dalam ini adalah Permendagri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa dan Permen PDTT No.21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Hasil Musrenbangdes menegaskan prioritas melanjutkan pembangunan tahun 2023 dan merencanakan peningkatan Bumdes,” terang Kades.

Baca Juga :  54 KPM PKH Mundam Marap Terima BLT DD Tahap 2

Adapun turut hadir dalam acara ini Camat, Kasi PMD, Pendamping Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Anggota BPD, Ketua LPM, Anggota LPM, Perwakilan , dan perangkat desa lainnya.(NT/Adi Aboy)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News