Nikmati Perjalanan dengan Aman dan Nyaman, Ini Tips Cegah Mabuk Saat Mudik

Avatar Of Yusnita
Nikmati Perjalanan Dengan Aman Dan Nyaman, Ini Tips Cegah Mabuk Saat Mudik
Ilustrasi mabuk

Satujuang- , sebuah tradisi tahunan bagi banyak orang di , seringkali diwarnai dengan perjalanan jauh menggunakan mobil.

Namun, bagi sebagian orang, perjalanan bisa menjadi momok yang menakutkan karena mabuk perjalanan atau kinetosis.

Mabuk perjalanan dapat membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan dan mengganggu . Berikut adalah beberapa untuk mencegah mabuk saat :

1. Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Saat melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor, pilih tempat duduk yang stabil, seperti di depan dekat jendela atau di kursi depan mobil. Hindari duduk di bagian belakang kendaraan yang cenderung lebih bergetar.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Beasiswa ke Eropa yang Jarang Diakses

2. Makan Ringan

Hindari makanan yang berat sebelum perjalanan. Pilih makanan ringan dan mudah dicerna agar tidak membuat perut terasa kembung atau mual.

3. Hindari Baca atau Menonton Layar

Mengalihkan pandangan ke benda diam seperti buku atau layar gadget bisa memicu mabuk perjalanan. Lebih baik hindari aktivitas ini selama perjalanan.

4. Beristirahat Cukup

Pastikan Anda telah istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Kondisi fisik yang lelah dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan.

5. Pijat Titik Akupresur

Beberapa orang menemukan bahwa melakukan pijatan lembut pada titik-titik akupresur tertentu, seperti pergelangan tangan atau bagian belakang leher, dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Baca Juga :  Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Buah Persimmon yang Jarang Diketahui Orang

6. Konsumsi Jahe

Jahe telah lama dikenal memiliki sifat anti-mual. Anda bisa mencoba mengonsumsi minuman jahe sebelum perjalanan atau mengunyah permen jahe selama perjalanan.

7. Gunakan Kacamata Kinetosis

Kacamata khusus yang dirancang untuk mencegah mabuk perjalanan dapat membantu beberapa orang mengurangi gejalanya. Konsultasikan dengan dokter atau ahli untuk rekomendasi yang tepat.

8. Bernapas Dalam

Praktikkan teknik pernapasan dalam saat merasa mual atau tidak nyaman. Bernapas dalam-dalam dan perlahan dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Baca Juga :  Makna Takbir Idul Fitri dan Signifikansinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain di atas, penting juga untuk selalu mematuhi peraturan keselamatan saat berkendara, termasuk menggunakan sabuk pengaman dan menghindari kecepatan berlebihan.

Jika Anda memiliki riwayat mabuk perjalanan yang parah atau gejalanya tidak kunjung mereda, segera konsultasikan dengan dokter.

 

 

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. (2022). Motion sickness. [Link](https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/motion-sickness/symptoms-causes/syc-20352196)

2. National Health Service UK. (2022). Motion sickness. [Link](https://www.nhs.uk/conditions/motion-sickness/)

3. American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. (2022). Motion Sickness. [Link](https://www.enthealth.org/conditions/motion-sickness/)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News