Hukum  

Pemprov Bengkulu Adakan Rapat Koordinasi dan PMK, Rohidin: Perlu Tindakan Konkret

Avatar Of Yusnita
Pemprov Bengkulu Adakan Rapat Koordinasi Dan Pmk, Rohidin: Perlu Tindakan Konkret
Saat Adakan Rapat Koordinasi dan PMK

Satujuang– Pemprov melalui Dinas Peternakan dan Hewan (Disnakeswan) mengadakan Rapat Koordinasi dan PMK.

Rapat koordinasi dan Pelaporan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini dipimpin oleh , untuk mengatasi PMK pada hewan ternak, Rabu (4/10/23).

“Perlunya tindakan konkret di lapangan untuk mengatasi PMK di Provinsi , mengingat sudah terbentuknya Satuan Tugas penanganan PMK dan ketersediaan vaksin untuk pencegahan,” ujar Rohidin.

Rohidin juga menekankan pentingnya , edukasi dan informasi kepada masyarakat untuk menghilangkan kekhawatiran terkait PMK.

Penyakit mulut dan kuku pada hewan merupakan penyakit non-zoonosis (tidak menular ke manusia) dan hanya menular antar-hewan sejenis.

“Lalu pentingnya manajemen penanganan PMK, termasuk menjaga kebersihan kandang ternak, memberikan penanganan kepada hewan yang terjangkit, dan melakukan karantina atau pemisahan untuk mencegah penularan,” imbuh Rohidin.

Hingga saat ini, telah dilakukan terhadap 106.000 ekor ternak, dengan target bahwa semua ternak akan tervaksinasi hingga akhir tahun.

Rohidin juga mengajukan permintaan kepada Disnakeswan dan Satgas PMK untuk memetakan penyakit PMK, sehingga dapat lebih efektif mengatasi penyebaran penyakit ini.

“Perlu diingat bahwa PMK pada hewan ternak dapat diatasi dengan risiko kematian yang sangat rendah, berkisar antara 1 hingga 3 persen, tetapi tingkat kesembuhannya mencapai 98 persen jika ditangani dengan benar,” terangnya.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Disnakeswan Provinsi, Satgas PMK, penyuluh lapangan dan dokter hewan dari seluruh Provinsi .(rls)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *