Pemprov Bengkulu Gelar Rapat Lanjutan Terkait Trayek Tol Laut Bengkulu

Avatar Of Qisti Nadifa
Pemprov Bengkulu Gelar Rapat Lanjutan Terkait Trayek Tol Laut Bengkulu
Pemprov Bengkulu Segera Aktifkan Tol Laut Bengkulu - Tanjung Priok

Satujuang-  Pemprov menggelar rapat lanjutan pembahasan Trayek Laut bersama Mitra Laut , dinas terkait dan beberapa pelaku usaha.

Hasil rapat menyepakati aktivasi pelayanan trayek Laut – Tanjung Priok, Laut – Tanjung Perak, dan – Tanjung Emas setelah sepanjang tahun 2023 dilakukan uji coba.

Pemprov Bengkulu Gelar Rapat Lanjutan Terkait Trayek Tol Laut Bengkulu

Gubernur Rohidin menyatakan bahwa aktivasi Laut ini akan segera dilakukan dengan koordinasi langsung antara dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Keputusan ini diambil karena potensi hasil , seperti Kopi dan Teh, serta komoditas lainnya, sangat potensial untuk dikirim melalui Laut.

Baca Juga :  Sambut Era Animasi, Universitas Moestopo Kolaborasi Dengan ISI Yogyakarta

Pemprov Bengkulu Gelar Rapat Lanjutan Terkait Trayek Tol Laut Bengkulu

“Dengan dihidupkan Tol Laut , biaya transportasi akan lebih murah hingga 30 persen dibandingkan melalui jalur darat. Lebih aman dan risiko di jalan lebih rendah,” Kata Gubernur Rohidin, Kamis (01/02/24).

Meskipun Tol Laut – Tanjung Priok telah diuji coba sepanjang tahun 2023, banyak pengusaha masih lebih memilih jalur darat.

 

 

Kadis Perhubungan , Bambang Agus Suprabudi, juga menjelaskan bahwa PT.Padang Capo Jaya telah mengajukan permohonan untuk memanfaatkan fasilitas Tol Laut dan perusahaan ini telah berhasil mengekspor kopi.

Baca Juga :  Menjelang Lebaran, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Pantau Harga dan Stok Bahan Pokok

“Jadi akan kita dorong pengaktifan Tol Laut ini, karena pihak perusahaan bisa menjamin dalam satu periode ekspor kopi sebanyak 1.200 ton, serta ekspor lainnya, seperti ekspor teh dan . Apalagi dari 13 kontainer yang tersedia pihak perusahaan membutuhkan 50 kontainer,” jelasnya.

Sementara itu selaku Direktur Pemasaran PT.Padang Capo Jaya Dirmansyah menyatakan mengapresiasi Pemprov atas pengaktifan Tol Laut ini. Menurutnya, hal ini akan meningkatkan harga komoditas di masa depan.

Pengaktifan Tol Laut – Tanjung Priok diharapkan akan mendukung pertumbuhan ekspor hasil dan komoditas lainnya dari .

Baca Juga :  Gubernur Rohidin Apresiasi UKW Perdana SMSI Provinsi Bengkulu

“Kami sangat berterima kasih khususnya kepada Bapak Gubernur yang bersemangat sekali menghidupkan Tol Laut ini. Jadi dengan fasilitas ini komoditi ke depan bisa lebih tinggi harganya,” ungkapnya.

Menurutnya selain lebih murah dalam hal biaya angkut, menggunakan Tol Laut juga memberikan jaminan keamanan bagi barang yang dikirimkan ke Pulau Jawa.

Diketahui Tol Laut bukan jalur angkutan lain tapi merupakan subsidi biaya angkut yg disiapkan dengan fasilitas kontainer, dengan biaya yang terjangkau.(Qiss/Adv)

 

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News