Perkuat Potensi Ekonomi, Pemkot Batu Dorong Lansia SMART

Avatar Of Tim Redaksi
Perkuat Potensi Ekonomi, Pemkot Batu Dorong Lansia Smart
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai buka kegiatan Lansia Smart

Satujuang– Perkuat potensi lansia, melalui Kecamatan Junrejo meluncurkan program Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif).

Peluncuran program oleh Kota (Pemkot) Batu ini berlangsung di Kendedes Resto dan Pusat Oleh-oleh pada Selasa (19/9/23).

Perkuat Potensi Ekonomi, Pemkot Batu Dorong Lansia Smart

“Meskipun Pemkot Batu telah memberikan uang tunai dan program UHC, masih ada lansia di Kecamatan Junrejo yang menghadapi kesulitan ,” ujar Camat Junrejo, Dian Saraswati.

Oleh karena itu, mereka merancang program “Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kreatif Menuju Lansia SMART Kecamatan Junrejo” untuk membantu lansia yang membutuhkan.

Baca Juga :  Pemkot Batu Salurkan Bantuan Dana dan Sembako dari Kemensos

Salah satu langkah dalam program ini adalah membentuk komunitas lansia dan memberikan pelatihan dalam membuat batik shibori pada tanggal 23 hingga 24 Agustus 2023.

“Produk-produk hasil pelatihan tersebut diperkenalkan kepada masyarakat dalam acara peluncuran ini,” imbuh Dian.

Dian menjelaskan bahwa pemberdayaan kreatif, bertujuan meningkatkan kualitas hidup, baik secara fisik maupun psikologis, serta membantu lansia menjadi lebih percaya diri, mandiri, dan produktif.

Baca Juga :  Wali Kota Malang Sambang Warga Kotalama dan Mergosono

Mereka yakin bahwa semangat dan upaya ini akan menciptakan produk-produk bernilai dan memupuk semangat positif di kalangan lansia.

“Dalam upaya mendukung Lansia SMART, kami akan terus menghasilkan Batik Shibori dan menjajakannya di baik secara offline maupun online,” terang Dian.

Batik Shibori sendiri merupakan salah satu jenis kain batik yang sangat populer di dengan teknik pewarnaan kain dengan menggunakan ikatan dan celupan.

Baca Juga :  DWP Kota Batu Soroti Generasi Strawberry Saat Peringati Hari Kartini

Batik Shibori memiliki bentuk motif yang unik juga memiliki sejarah panjang dan digemari di sejak zaman kekaisaran, berabad yang lalu.

“Saya memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi ini dan berharap bahwa inisiatif dari Kecamatan Junrejo dapat menjadi pendorong di masyarakat,” terang Pj , Aries Agung Paewai.(NT/dws)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News