Pound Fit Olahraga Kardio Yang Tengah Digandrungi

Avatar Of Tim Redaksi
Pound Fit Olahraga Kardio Yang Tengah Digandrungi
Pound Fit Olahraga Kardio

Satujuang– Pound fit kardio yang tengah digandrungi yaitu gerakan dengan menggunakan stik drum berdurasi kurang lebih 45 menit dan mampu membakar lemak hingga 900 kalori.

Dikutip dari Health Fitness Revolution, Selasa (31/01/23), tren baru bernama pound fit ini dimulai di California oleh Carrie Ekins, sosok yang berada di kursi roda pada saat dia menemukan pound fit.

Pound Fit Olahraga Kardio Yang Tengah Digandrungi

Ekins yang duduk di kursi roda menggunakan drum sebagai inspirasi untuk menghasilkan sesuatu yang merupakan perpaduan intens antara cardio, taiko (alat musik seperti drum), dan dance.

pound fit ini menciptakan irama yang menggembirakan saat melakukan kardio. Gerakan pound fit terinspirasi dari yoga dan pilates.

Dikutip dari CNN Health, KaToya Sumner, seorang instruktur pound fit yang berada di Atlanta, mengatakan instruktur tidak hanya memutar musik saat berolahraga, tetapi para peserta pound fit membantu menciptakan lagu dari suara stik drum dengan bobot ringan atau Ripstix.

Baca Juga :  Bolehkah Aset Pemda Dijaminkan ke Bank? ini Penjelasan Pakar Ekonomi

Menurut, KaToya, peserta pound fit menggunakan ripstix dalam sesi 45 menit latihan memukul 15.000 ketukan yang bisa menghasilkan hingga 900 kalori yang terbakar.

Manfaat Pound Fit
1. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya membakar lemak saat berolahraga, tetapi latihan interval kardio membantu membakar lemak bahkan setelah berolahraga yang dapat menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Fokus untuk Membangun Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Saat gerakan memukul drum dapat membuat konsentrasi menjadi lebih baik yang meperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Memperbaiki Mood

Saat melakukan gerakan untuk berolahraga terbukti dapat mengubah suasana hati, mengurangi kecemasan dan stres yang memperbaiki mood.

4. yang Menyenangkan

Pound fit adalah kombinasi dari pilates, cardio, drum, dan light resistance. Pound fit menawarkan berbagai teknik latihan yang beragam sehingga menjadi yang menyenngkan.

Baca Juga :  Inter Milan Resmi Lepas Samir Handanovic

5. Memotivasi dan Membangkitkan Semangat

Suara ketukan drum dapat memotivasi dan membangkitkan semangat bagi yang melakukan jenis ini.

Melakukan Pound Fit untuk Pemula, yaitu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot dapat bergerak bebas dan tidak kaku.

Bergerak sesuai kemampuan dan jangan memaksakan gerakan apabila sulit dilakukan, kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat serta pilih matras dengan ketebalan yang pas agar nyaman saat berolahraga.

pound fit tampak menyenangkan untuk dilakukan, namun ada beberapa oranya yang dilarang untuk melakukan jenis ini,yaitu

1. Orang yang menderita asma

Orang yang menderita asma diminta berhati-hati melakukan pound fit karena harus mempunyai pernapasan yang stabil, apalagi gerakannya cukup cepat dan sangat mengandalkan pernapasan.

Baca Juga :  Mengenal Penyakit Moebius: Gangguan Neurologis yang Jarang Dikenal

2. Orang dengan Darah Rendah (Hipotensi)

Hipotensi adalah tekanan darah rendah di bawah 90/60 mmHG. Angka 90 ini menunjukan tekanan darah ketika jantung sedang berkontraksi (sistolik), sementara angka 60 merupakan tekanan darah ketika jantung sedang relaksasi.

Kondisi ini menyebabkan pasokan darah yang membawa oksigen ke otak rendah, sehingga jika melakukan pound fit yang gerakannya butuh banyak oksigen berisiko kewalahan, pusing, lemas, dan hilang kesadaran atau pingsan.

3. Orang dengan Masalah Sendi

Tidak semua masalah sendi dilarang melakukan pound fit karena ada beberapa permasalahan sendi yang justru bisa dilatih dengan pound fit seperti gerakan meloncat namun sebelum mengikuti pound fit harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

 

 

Sumber :
https://www.detik.com/jateng/berita
https://www.suara.com/health

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News