Hukum  

PT DDP Disinyalir Garap HGU Diluar Ketentuan

Avatar Of Wared
Pt Ddp Disinyalir Garap Hgu Diluar Ketentuan
Dedi Hartono dan Apriansyah ketika diwawancara

– Sengketa lahan Hak Guna Usaha (HGU) antara pihak PT DDP Air Berau dengan masyarakat desa penyangga belum juga menemukan titik temu.

PT DDP yang berdiri di desa Air Berau kecamatan Pondok Suguh pada tahun 1986 ini menyisakan masalah dalam proses perpanjangan HGU nya.

Tokoh masyarakat yang juga ketua forum masyarakat peduli perpanjangan HGU PT DDP Air Berau Dedi Hartono, menyebut Desa (Pemdes) seakan tidak pro lagi dengan masyarakat, Senin (24/1/22).

“Secara garis besar, kami masyarakat sudah dengan Pemdes dan seluruh elemen masyarakat Air Berau sampai ke tokoh adat. Tapi ditengah perjalanan, pihak Pemdes seakan tidak pro lagi dan berpihak kepada investor,” ujarnya.

Dedi mengatakan, masyarakat dalam tuntutan ini mengacu pada Peraturan tentang progam kebun untuk rakyat seluas 20 persen dari total HGU.

“Pihak PT DDP disinyalir menggarap HGU diluar ketentuan,” sebutnya.

“Proses ini sudah lama kami lakukan dan secara tertulis sudah kami sampaikan ke berbagai pihak, tetapi belum ada respon. Inilah titik akhir dari perjuangan kami,” pungkasnya.

Sementara, sekretaris forum masyarakat peduli HGU PT DDP Air Berau, Apriansyah menyampaikan, Ia bersama kelompok tani akan terus bergerak.

“Apapun resikonya, bahkan sekarang masyarakat dalam wadah kelompok tani sudah menduduki lahan dan sudah sampai ke penebangan,” bebernya.

Ia berharap, pihak terkait segera menyikapi persoalan ini, agar cepat menemukan titik temu.

“Yang jelas, dimana ada PT DDP ada konflik, saya berharap masyarakat desa penyangga atau yang masuk dalam wilayah HGU, kita satukan misi akan tuntutan ini, kami secara aksi siap bergerak apapun resiko nya,” tegasnya.

Ditempat yang berbeda, Kepala Desa (Kades) Air Berau, April mengatakan, izin HGU milik PT DDP Air Berau sudah selesai diperpanjang.

“Kalau masalah perpanjangan PT DDP Air Berau yang baru, sudah clear,” tuturnya.

Dijelaskan April, awalnya lahan HGU PT DDP Air berau memiliki luas 1600 Ha, namun pada izin HGU yang baru selesai ini luas lahan berkurang menjadi 1300 Ha. (Zul)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *