Sekda Isnan Fajri Optimis Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu 2024 Lampaui Tahun Sebelumnya

Avatar Of Tim Redaksi
Sekda Isnan Fajri Optimis Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu 2024 Lampaui Tahun Sebelumnya
Sekda Isnan Fajri Optimis Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu 2024 Lampaui Tahun Sebelumnya

Satujuang- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi merilis data terbaru mengenai pertumbuhan pada tahun 2023.

Menurut Kepala BPS Provinsi , Win Rizal, pertumbuhan tersebut mencapai 4,26 persen secara kumulatif (c-to-c), sedikit lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 4,31 persen.

Sekda Isnan Fajri Optimis Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu 2024 Lampaui Tahun Sebelumnya

“Sektor jasa lainnya mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 9,93 persen dari sisi produksi,” terang Win, Senin (5/2/24).

Sementara pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (PK-LNPRT) mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 10,22 persen dari sisi pengeluaran.

Baca Juga :  Jelang Peresmian Masjid Alif Lam Mim, Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Rebana

Win juga menjelaskan bahwa perekonomian Provinsi tahun 2023, berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku, mencapai Rp 96,56 triliun dengan PDRB per kapita mencapai Rp 46,29 juta atau US$ 3.037,58.

“Sementara itu, pertumbuhan Provinsi pada Triwulan IV-2023 terhadap Triwulan IV-2022 mencapai 4,76 persen (y-on-y),” ungkapnya.

Sekda Isnan Fajri Di Kantor Bps Provinsi Bengkulu
Sekda Di Kantor Bps Provinsi

Lapangan usaha pertambangan dan penggalian mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 15,78 persen dari sisi produksi, sedangkan pengeluaran konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga (PK-LNPRT) mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 13,40 persen dari sisi pengeluaran.

Baca Juga :  Karya Bakti TNI AL Tahun 2023 di Kabupaten Kaur Resmi Ditutup

Triwulan IV-2023 juga mengalami pertumbuhan sebesar 3,04 persen (q-to-q) dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

“Sektor pertambangan dan penggalian mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 16,63 persen dari sisi produksi, sementara komponen pengeluaran konsumsi (PK-P) mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 31,75 persen dari sisi pengeluaran,” jelas Win.

Meskipun pertumbuhan Provinsi pada tahun 2023 masih belum sepenuhnya pulih akibat , Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi , , menyatakan optimisme bahwa pertumbuhan pada tahun 2024 dapat mencapai target.

Baca Juga :  Evaluasi Pola Tarif, RSKJ Soeprapto Bengkulu Rapat Bersama Pihak Terkait

Ini didukung oleh berbagai program strategis yang telah diterapkan sejak Januari 2024. Isnan juga menyoroti pentingnya bulan Januari hingga Maret sebagai periode yang diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan masyarakat .

“Secara keseluruhan, meskipun masih ada tantangan yang dihadapi, optimis bahwa pertumbuhan akan lebih baik pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” pungkas Isnan.(NT/adv)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News