Share Gambar Istrinya dan Helmi Hasan, PJ Walikota Bengkulu Dilaporkan ke Bawaslu

Avatar Of Wared
Share Gambar Istrinya Dan Helmi Hasan, Pj Walikota Bengkulu Dilaporkan Ke Bawaslu
Arif Gunadi Didampingi Istri Saat Usai Pelantikan Dirinya Sebagai PJ Walikota Bengkulu Akhir Tahun 2023 Lalu

Satujuang- Gara-gara share gambar istrinya dan Helmi Hasan disalah satu group , PJ Walikota Bengkulu Arif Guandi dilaporkan ke .

“Pilihan Helmi Hasan-Dwi Ratnawati Caleg DPRD , PAN Menang Insya Allah Helmi Hasan Gubernur” demikian bunyi narasi dalam banner digital yang dibagikan Arif .

Share Gambar Istrinya Dan Helmi Hasan, Pj Walikota Bengkulu Dilaporkan Ke Bawaslu

Laporan ke ini dilakukan oleh Ormas Garda Rafflesia pada Kamis (11/1/24). Arif dilaporkan atas dugaan melanggar azas netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita melaporkan Pak Arif karena dugaan pelanggaran Netralitas dengan melakukan kampanye di Media . Laporan resmi sudah kami sampaikan dan kami minta segera menindak,” kata Sekretaris Garda Rafflesia Kelvin Aldo usai menyampaikan laporan ke .

Baca Juga :  Terapkan Restorative Justice, Mike Astria Putri Dengan Veronica Wijaya Dan Helita Susanti Sepakat Berdamai

Lebih lanjut dijelaskan Kelvin, secara tegas dan jelas diwajibkan netral tidak berpihak kepada kontestan pemilu manapun.

Aturan ini tertuang dalam UU No 5 Tahun 2014 tentang , PP tentang , dan UU Pemilu. Ketentuan tersebut juga diatur secara spesifik dalam SKB 3 Menteri, dan .

“Parahnya lagi beliau ini baru saja menandatangani Surat Edaran agar netral tapi kenyataanya, ya begitulah. Kami minta ini segera diproses dan kami sudah menyiapakan seluruh barang bukti dan saksi,” kata Kelvin.

Baca Juga :  Sekelompok Aktivis Berencana Lakukan Aksi Didepan Mabes Polri, Bawa Sederet PR APH di Bengkulu

Kelvin menegaskan, netralitas adalah amanah UU yang wajib dipatuhi seluruh . Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut dapat diberikan sanksi berupa penurunan jabatan hingga sanksi pemberhentian.

“Sanksinya itu sangat tegas, jadi ini warning juga untuk seluruh khsusunya di Bengkulu untuk menjaga netralitas. Ini baru satu kasus tapi kami yakin masih banyak pelanggaran lain. Sementara ini kita terus melakukan investigasi,” tegasnya.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut, Semua Penumpang Terpental Dua Orang Meninggal Dunia

Dilansir dalam RI, Dwi Ratnawati merupakan Caleg DPRD Dapil dengan Nomor Urut 6 dari PAN.

Dwi Ratnawati diketahui merupakan istri dari Arif sementara Helmi Hasan adalah mantan Walikota Bengkulu yang juga merupakan Ketua DPW PAN .

PJ Walikota yang berstatus ASN ini membagikan konten kampanye tersebut ke group bernama “Silaturahmi Bengkulu” pada Rabu (10/1) sekira pukul 19.05 WIB. (Red/BI)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News