Terkait Polusi di Negaranya, Pemerintah Malaysia Surati Indonesia

Avatar Of Yusnita
Terkait Polusi Di Negaranya, Pemerintah Malaysia Surati Indonesia
Kualitas udara di Malaysia

Satujuang surati melalui Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Perubahan , Nik Nazmi Nik Ahmad.

Surat ini dikirimkan atas instruksi Perdana Menteri Anwar Ibrahim terkait situasi kabut asap yang semakin parah di wilayahnya.

“Surat ini terkait dengan kerja sama berdasarkan Perjanjian ASEAN tentang Polusi Asap Lintas Perbatasan,” ujar Nik di , Kamis (5/10/23).

Nik menyatakan bahwa surat tersebut dikirim setelah menerima instruksi dari Anwar untuk berkoordinasi dengan mitra ASEAN dalam menyelesaikan masalah kabut asap lintas perbatasan.

Lebih lanjut, kualitas di beberapa wilayah dikabarkan dalam kondisi tidak sehat dengan nilai indeks polusi (API) mencapai 138 di Sri Aman dan 113 di Serian Sarawak.

“Skala API berkisar dari 0-50 untuk kualitas baik, 51-100 untuk sedang, 101-200 untuk tidak sehat, dan 201-300 untuk sangat tidak sehat dan di atas 300 menunjukkan berbahaya,” imbuhnya.

Pekan sebelumnya, menuduh di , khususnya di Sumatra dan , sebagai penyebab polusi di wilayahnya, meskipun Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Siti Nurbaya membantah.

juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi situasi ini, termasuk penutupan sekolah-sekolah dan upaya penciptaan hujan buatan melalui penyemaian awan ketika kualitas semakin memburuk.(dtk)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *