Tingkatkan PAD, Pemkab Mukomuko Akan Lakukan Uji Petik

Avatar Of Wared
Tingkatkan Pad, Pemkab Mukomuko Akan Lakukan Uji Petik
Dalam Waktu Dekat Pemkab Mukomuko Akan Melakukan Uji Petik

Satujuang— Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah () serta memaksimalkan potensi yang dimiliki, Pemkab Mukomuko akan lakukan uji petik kepada beberapa potensi yang belum dapat berkontribusi terhadap .

Hal ini disampikan Kabid Pendapatan I Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko Deftri Maulana S.STP.

Tingkatkan Pad, Pemkab Mukomuko Akan Lakukan Uji Petik

Dalam meningkatkan membutuhkan kolaborasi dari semua pihak. Sehingga ketika ada dukungan dari OPD-OPD teknis terkait pelaksanaan uji petik dapat terlaksana sesuai dengan keadaan dilapangan.

“Tujuan berkolaborasi dengan berbagai OPD untuk berperan aktif menghasilkan . Bisa kita contohkan uji petik terkait . Tentu dinas Perhubungan yang lebih memahami daerah mana saja, yang berpotensi,” kata Defri.

Tidak hanya potensi . Masih banyak produk yang dihasilkan Peraturan Daerah (Perda) Mukomuko Bisa memberikan pendapatan. Seperti Perda hewan ternak, izin reklame, serta potensi pendapatan dari tambang galian C. Yang Seluruhnya akan dilakukan uji petik kembali di awal tahun 2024.

Baca Juga :  Dinsos Mukomuko Dapat Bantuan 29 Milyar

“DPRD telah mengeluarkan berbagai produk hukum berupa Perda yang berkontribusi pada daerah. ini sangat penting untuk pendanaan pembangunan daerah. Sudah sewajarnya kita berupaya terus meningkat . Untuk pembangunan daerah,” ujarnya.

Lanjutnya, hasil uji petik nantinya, akan menentukan target yang harus didapatkan pada objek yang telah dilakukan uji. Dimana hal tersebut menjadi tanggungjawab OPD terkait.

Terkait target ini, tidak dapat dipungkiri selama ini, penetapan target sering kali tidak melalui uji petik terlebih dahulu. Sehingga target yang disampaikan terkadang lebih minim dari potensi yang dimiliki.

Baca Juga :  Bupati Sapuan Hadiri Rapat Pembahasan Progress Pembangunan Sutet 150 KV Tapan-Mukomuko

“Kita bisa lihat potensi di wilayah Kecamatan Lubuk dan Kecamatan Kota Mukomuko. Sampai saat ini belum tergali secara maksimal. Padahal dua Kecamatan ini wilayah yang ramai. Untuk itu di tahun 2024 mendatang, capaian harus ditingkatkan,” sampainya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr Abdiyanto, SH, M.Si, CLA. Membenarkan peningkatan harus terus dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan pembangunan di daerah. Maka dari itu pelaksanaan uji petik terhadap potensi yang menjadi kewenangan OPD teknis harus dimaksimalkan.

“Kita akan minta OPD teknis mulai menyusun potensi yang bisa menambah . Sehingga diawal tahun 2024 pelaksanaan uji petik sudah dapat dilaksanakan,” ucapnya.

Baca Juga :  Sikapi Pemberitaan Yang Beredar, Camat Ipuh Akan Lakukan Ini

Dijelaskan Sekda ada 11 Pendapatan Daerah (PPD) untuk Mukomuko. Yang akan dimaksimalkan, yaitu. Bumi Bangunan (PBB), BPHTB, Hotel, restoran, , , Pajak Reklame, Pajak penerangan , Pajak air , Pajak mineral bukan dan batu. Serta pajak sarang burung walet.

“Tentunya upaya peningkatan target pendapatan ini membutuhkan kerjasama yang baik, dan kesadaran wajib pajak untuk membayarkan kewajibanya, agar apa yang menjadi target kita dapat tercapai 100 persen, bahkan lebih,” tandasnya. (Rls)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News