Transformasi Digital di Indonesia, Universitas Moestopo Siap Jadi Kampus Kelas Dunia

Avatar Of Tim Redaksi
Transformasi Digital Di Indonesia, Universitas Moestopo Siap Jadi Kampus Kelas Dunia
Pada Seminar Nasional bertema 'Transformasi Digital Menuju Indonesia Maju' yang digelar oleh Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Satujuang– Menteri dan Informatika Republik , Budi Arie Setiadi, menggarisbawahi pentingnya percepatan transformasi digital di .

Menurut Budi, digitalisasi berbagai sektor memiliki dampak yang signifikan untuk kemajuan .

Transformasi Digital Di Indonesia, Universitas Moestopo Siap Jadi Kampus Kelas Dunia

telah mengadopsi Digital Economy Framework Agreement (DEFA) yang mencakup perdagangan digital, kegiatan lintas batas, mobilitas talenta dan kerja sama, serta kebijakan kompetisi.

Fokus DEFA juga meliputi arus data lintas batas, perlindungan konsumen, pembayaran, identitas digital, keamanan siber, dan keselamatan.

Peningkatan infrastruktur dan konektivitas menjadi prioritas untuk meningkatkan aksesibilitas jaringan, regulasi, dan standar perangkat pengguna.

Inovasi dan investasi juga ditekankan, dengan peningkatan investasi di teknologi, kecerdasan buatan, fintech, dan teknologi blockchain.

Baca Juga :  Demo Tolak UU Cipta Kerja, SE Larangan Dikbud Bengkulu Hingga Reaksi HMI

memiliki strategi untuk memaksimalkan dampak digital melalui pengembangan strategi transformasi digital, penyediaan infrastruktur digital.

Lalu investasi dalam sumber daya yang kompetitif, mendorong sektor teknologi strategis, menjembatani kerjasama antara sektor publik dan swasta, serta meningkatkan literasi digital masyarakat.

Menteri Pariwisata dan Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, juga menekankan pentingnya transformasi digital dalam sektor pariwisata dan kreatif.

Ia mengungkapkan bahwa inovasi, adaptasi, dan kolaborasi menjadi kunci untuk membangkitkan sektor ini menjadi lebih tangguh, kompetitif, dan berkelanjutan.

Selain itu, Menteri Sandiaga juga berharap adanya sinergi antara sektor pariwisata dan kreatif dengan sektor digital untuk menciptakan peluang baru dan meningkatkan daya saing.

Baca Juga :  Polres Malang Siapkan Pos Pam di Taman Rekreasi Sengkaling

Dalam bidang , Rektor , Prof.Dr.H.Paiman Raharjo, menyadari pentingnya digitalisasi dalam menjawab perkembangan zaman yang terus berubah.

telah mengambil langkah-langkah untuk beradaptasi dan berinovasi dengan mencanangkan kelas internasional sebagai bagian dari visi mereka untuk menjadi Kampus Kelas Dunia.

Prof.Paiman menekankan bahwa dunia harus mampu menjawab tantangan zaman dengan terus berinovasi dan beradaptasi.

Seminar yang diadakan secara berkala oleh juga menjadi sarana untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan berdiskusi bagi para .

Baca Juga :  AHY Minta Masyarakat Dukung Gubernur NTB Sukseskan Program Pembangunan

Direktur Program Pascasarjana , Prof.Dr.Ir.Hj.Triyuni Soemartono berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta.

Secara keseluruhan, transformasi digital menjadi agenda penting bagi dalam mencapai visi Maju 2045 dan keluar dari middle income trap.

, sektor pariwisata dan kreatif, serta dunia menyadari pentingnya inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan yang ada.

Dengan langkah-langkah yang diambil, diharapkan dapat mempercepat transformasi digital dan mencapai kemajuan yang lebih baik di masa depan.(rls)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News