Wow, Permohonan Dispensasi Perkawinan Anak di Indonesia Meningkat Hingga 200%

Avatar Of Yusnita
Wow, Permohonan Dispensasi Pernikahan Anak Di Indonesia Meningkat Hingga 200%
Ilustrasi

Satujuang– Lembaga pemerhati menyatakan kekhawatiran serius terkait tingginya permohonan dispensasi untuk perkawinan di , meningkat 200% sejak 2019.

Dilansir dari BBC, hingga November 2023, Bojonegoro, , mencatat 435 permintaan dispensasi, kebanyakan melibatkan lulusan SD dan SMP.

“Alasan yang diajukan mencakup kemiskinan dan rendahnya . Ironisnya, 50 yang mendapatkan dispensasi kawin akhirnya bercerai dalam beberapa bulan,” ujar Ketua Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro, Solikin Jamik, Jumat (15/12/23).

Komisioner Komnas , Alimatul Qibtiyah, menyoroti alasan orang tua mengajukan dispensasi, termasuk tradisi, kehamilan di luar nikah.

Kemudian pandangan sempit terhadap , dan dalil agama terkait zina. Data BPS 2023 mencatat peningkatan drastis kasus pernikahan di beberapa provinsi.

Meskipun jumlah permohonan dispensasi mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, tetap mencapai tingkat penerimaan yang tinggi oleh pengadilan.

Dispensasi nikah, sebagai usaha untuk menikah di bawah batas usia 19 tahun, semakin menjadi sorotan dengan berbagai dampak dan yang menyertainya.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *