DPRD Kota Blitar Dukung Pembentukan Dinas Pendapatan Daerah untuk Maksimalkan Pajak

Avatar Of Yusnita
Pemkot Blitar Dukung Pembentukan Dinas Pendapatan Daerah Untuk Maksimalkan Pajak
Dalam acara undian hadiah PBB-P2 di Gedung Kesenian Kota Blitar.

Satujuang– Wakil Ketua DPRD Kota , Agus Zunaidi memberikan dukungan positif terhadap rencana pembentukan Dinas Pendapatan Daerah oleh Pemkot .

“Dinas baru tersebut akan meningkatkan pemasukan daerah,” ujar Agus saat hadir dalam undian hadiah PBB-P2 di Gedung Kesenian Kota , Rabu (22/11/23).

Saat ini, tugas pemungutan di Kota masih diemban oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), yang memiliki enam bidang kerja termasuk bidang perpajakan.

Menurutnya, pemisahan dari BPKAD akan memberikan fokus maksimal pada pemungutan .

“Beberapa jenis daerah di Kota , seperti reklame, belum optimal. Adanya dinas baru yang khusus menangani perpajakan diharapkan dapat memaksimalkan reklame,” terang Agus.

Agus berharap dinas baru menciptakan inovasi untuk mendorong inisiatif masyarakat membayar secara sukarela.

Selain itu, jika ada yang enggan membayar , petugas dari dinas tersebut diharapkan dapat memberikan peringatan, dan jika perlu, penindakan oleh Satpol PP.

“Dengan pembentukan dinas baru, tiga bidang di dalamnya akan dipisah untuk membentuk dinas baru,” ujar Kepala BPKAD Kota , Widodo Saptono Johannes menambahkan.

Bidang-bidang tersebut melibatkan pendaftaran dan pendataan , penarikan , dan pelaporan .

Widodo menyatakan optimisme terkait penarikan di Kota , dengan peningkatan capaian PBB-P2 di tahun 2023 yang sudah melebihi target.

“Dengan dinas baru yang lebih fokus, saya yakin bahwa penarikan untuk sembilan jenis daerah dapat mencapai hasil yang lebih optimal,” pungkasnya.(adv/NT/Herlina)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *