Hamas Serang Israel, Diduga Bentuk Kekecewaan Terhadap Arab Saudi

Avatar Of Yusnita
Hamas Serang Israel, Diduga Bentuk Kekecewaan Terhadap Arab Saudi
Serangan Hamas ke Israel

Satujuang– Hamas menyerang pasukan dalam konflik sejak akhir pekan lalu diduga sebagai bentuk kekecewaan terhadap Arab Saudi.

Beberapa orang percaya bahwa serangan Hamas bertujuan untuk menghambat upaya normalisasi antara di bawah Benjamin Netanyahu dengan Arab Saudi.

“Saya percaya bahwa pecah setelah kecewa dengan pembicaraan AS, , dan Arab Saudi tentang normalisasi,” ujar Jenderal pensiunan AS dan mantan komandan NATO James Stavridis.

Di tengah isu normalisasi, Hamas meluncurkan serangan ke pada 7 Oktober dari darat, laut, dan .

Fahmi Salsabilla, seorang pengamat hubungan internasional dari Universitas Muhammadiyah , mencurigai bahwa serangan Hamas bertujuan untuk mengganggu upaya normalisasi.

“Iya ada dugaan (mengganggu upaya normalisasi), karena kalau Arab Saudi dan normalisasi hubungan, maka akan semakin memperkomplikasi posisi dan membuat semakin terjepit,” kata Fahmi.

Baru-baru ini, Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammad bin Salman (MbS) menyatakan bahwa pembicaraan normalisasi dengan semakin dekat.

Sementara itu, Netanyahu bertujuan untuk menjalin hubungan dengan Riyadh tahun depan.

Upaya normalisasi ini tidak lepas dari keterlibatan AS, sebagai sekutu dekat . Joe Biden dan pejabat AS lainnya telah mengunjungi Arab Saudi untuk membahas normalisasi.

Jika normalisasi benar-benar terjadi, Fahmi percaya bahwa posisi akan melemah dan semakin jauh untuk merdeka.(cnn)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *