Ekbis  

Harga Minyak Mentah Indonesia Naik, Jadi USD 80,09 per Barel

Avatar Of Yusnita
Permintaan China Meningkat, Siap-Siap Harga Minyak Meroket Harga Minyak Mentah Indonesia Naik, Jadi Usd 80,09 Per Barel
Kilang minyak mentah

Satujuang- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menetapkan rata-rata harga Crude Price (ICP)/ minyak mentah .

Dilansir dari Kumparan, harga minyak mentah pada Februari 2024 meningkat menjadi USD 80,09 per barel, Rabu (6/3/24).

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 193.K/MG.03/DJM//2024 yang ditandatangani pada 1 Maret 2024.

Baca Juga :  Cincau Clinic Kolaborasi dengan Petani, Naikkan Pamor Minuman Tradisional

Kenaikan harga ICP Februari 2024 sebesar USD 2,97 per barel dari Januari lalu yang senilai USD 77,12 per barel

Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran atas gangguan pasokan minyak mentah, terutama akibat meningkatnya ketegangan geopolitik di kawasan Timur Tengah.

Selain itu, kemungkinan pemotongan produksi minyak oleh OPEC hingga Maret 2024 juga berkontribusi terhadap kenaikan tersebut, sesuai dengan kesepakatan negara-negara OPEC pada November 2023.

Baca Juga :  Soal Pabrik Migor, Kadin Bengkulu Minta Pemprov Kejar Janji Luhut

Menurut laporan International Energy Agency (IEA), pasokan minyak dunia pada Januari 2024 mengalami penurunan sebesar 1,4 juta barel per hari setelah ledakan di Arktik menghentikan produksi di Amerika Utara, serta pengetatan produksi dari negara-negara OPEC.

Di kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah juga dipengaruhi oleh peningkatan throughput kilang minyak di , India, dan , serta peningkatan permintaan minyak di dan India untuk bulan Desember 2023.(NT)