Inotek Award Provinsi Jatim, Kota Batu Catat 2 Prestasi Gemilang

Avatar Of Yusnita
Inotek Award Provinsi Jatim, Kota Batu Catat 2 Prestasi Gemilang
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terima dua penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pertama Tridi (Pestisida Nabati) dan kedua Es Krim OMG (Organik Milik Giripurno).

Satujuang catat 2 prestasi gemilang dalam Inovasi Teknologi (Inotek) Award Provinsi (Jatim) Tahun 2023.

2 prestasi itu disumbangkan dari Tridi (Pestisida Nabati) yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Muda Desa, Desa Bulukerto, dan Es Krim OMG (Organik Milik Giripurno) oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Kencana, Desa Giripurno, .

“Inovasi yang bersumber dari masyarakat memiliki potensi untuk menginspirasi yang lain. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi,” ujar PJ , Aries Agung Paewai,

Dimana Tridi mendapatkan penghargaan Terbaik I dalam Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non , sementara Es Krim OMG meraih penghargaan Terbaik V dalam Kategori Inovasi Teknologi di Bidang .

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Gubernur , Khofifah Indar Parawansa kepada Aries dalam acara “Inotek Award Ceremony 2023 dan Launching Jatim Berdasi,” di Hotel Novotel Samator, , Senin (9/10/23).

“Proses penilaian yang ketat dari Mei hingga Agustus 2023 dengan partisipan 363 peserta dari 34 kabupaten/kota se-Jatim menjadikan kedua inovasi ini terpilih dari puluhan inovasi dari berbagai daerah,” imbuh Aries.

Inotek Award sendiri merupakan ajang tahunan yang digagas oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi .

Dengan seleksi ketat melibatkan usulan inovasi dari setiap kabupaten/kota, dengan 15 inovasi terbaik yang dipilih untuk memaparkan proposal secara langsung.

“Dengan Tridi, Kelompok Tani Muda Desa berhasil meningkatkan kualitas produksi apel, mengembangkan ramah lingkungan, serta memungkinkan pada beragam komoditas hortikultura,” terang Aries.

Sementara itu, KWT Puspa Kencana dari Dusun Sawahan, Desa Giripurno, menciptakan es krim berbahan dasar sayuran yang digemari oleh -.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi - yang umumnya enggan mengonsumsi sayuran. Sehingga diharapkan dapat mengurangi angka di Desa Giripurno.

“Inovasi dan teknologi harus memberikan manfaat nyata bagi kehidupan manusia. Saya berharap Inotek dapat berdampak positif pada kehidupan manusia,” tegas Gubernur Jatim, Khofifah menambahkan.(NT/dws)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *