Komunitas Olahraga Menembak Pesisir Selatan Beraksi Lawan Hama di Kampung Ganting

Avatar Of Yusnita
Komunitas Menembak Pesisir Selatan Beraksi Lawan Hama Di Kampung Ganting
Komunitas Menembak Pesisir Selatan (Kompass)

Satujuang– Komunitas menembak pesisir selatan (Kompass) melaksanakan kegiatan menembak di Kampung Ganting Kubang Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang.

“Kompass adalah kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat dan didukung oleh nagari,” ujar Perwakilan Ketua Kompass, Ilham di Kampung Ganting, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu (10/12/23).

Tujuan utama kegiatan adalah membantu masyarakat dalam pengendalian hama, khususnya Hama kera dan tupai yang mengancam keseimbangan populasi.

Selain sebagai hobi, menembak juga diarahkan untuk mencari bakat-bakat yang memiliki minat dalam bidang tersebut.

“Semua lapisan masyarakat dapat terlibat, asalkan patuh terhadap SOP yang berlaku,” imbuh Ilham.

Untuk remaja di bawah umur dapat menjadi anggota Kompass, namun mereka tidak diizinkan memegang senjata kecuali di lapangan tembak.

Di tempat yang sama, Perwakilan Bendahara Kompass, Hadianto, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak memiliki sumber pendanaan sendiri.

“Dana kegiatan, termasuk konsumsi, diperoleh dari nagari berdasarkan permintaan masyarakat untuk mengendalikan hama,” terang Hadianto.

Adapun kegiatan Kompass mencakup seluruh desa di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dan diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dalam peningkatan masyarakat.

Kompass juga bertujuan untuk membuka pikiran dan pengalaman dalam penggunaan senapan serta mencari bakat-bakat baru di bidang menembak.

Pembinaan ketat diberlakukan, terutama terkait penggunaan senjata, untuk memastikan keamanan dan kepatuhan selama kegiatan berlangsung.(NT)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *