Peringatan BMKG: Cuaca Ekstrem Ancam Sejumlah Provinsi Ini Dalam Sepekan

Avatar Of Tim Redaksi
Peringatan Bmkg: Cuaca Ekstrem Ancam Sejumlah Provinsi Ini Dalam Sepekan
Cuaca Ekstrem

Satujuang- Beberapa provinsi di diprediksi akan sering mengalami ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang dalam sepekan ke depan.

Dilansir dari CNN, BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi ekstrem untuk sejumlah wilayah, dengan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

Peringatan Bmkg: Cuaca Ekstrem Ancam Sejumlah Provinsi Ini Dalam Sepekan

“PERINGATAN DINI: Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll),” kata BMKG, Selasa (9/1/24).

Baca Juga :  Kapolda Bengkulu Siap Bersinergi Dengan Bulog Salurkan Bantuan Beras Ke Masyarakat

Wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda ekstrem pada periode 9–15 Januari yaitu: , Sumatra Utara, Riau, , Sumatra Barat, Bengkulu, , Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, , Banten, DKI , Jawa Barat, Jawa Tengah, DI , , , NTT, Barat, Tengah, Selatan, Timur, Utara, Sulawesi Barat, , Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Utara, , , dan .

Baca Juga :  Akibat Hujan Deras Pohon Di Aceh Barat Tumbang

Adapun beberapa faktor penyebab ekstrem, termasuk gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) di kuadran 3 (Samudera Hindia).

Lalu aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial di wilayah Jawa bagian barat, Utara, dan bagian tengah hingga selatan, serta gelombang atmosfer Kelvin di beberapa wilayah.

Sirkulasi siklonik di Samudera Hindia juga menjadi faktor penyebab dengan adanya daerah konvergensi dan konfluensi yang dapat memperkuat ekstrem di sejumlah wilayah .

Baca Juga :  Polres Batu Gelar Sholat Ied 1443H

BMKG menekankan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi dampak seperti , tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan licin dalam satu minggu ke depan.

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News