Tips Mengatasi Stres, Pentingnya Perawatan Diri dan Dukungan Emosional

Avatar Of Yusnita
Tips Mengatasi Stres, Pentingnya Perawatan Diri Dan Dukungan Emosional
Ilustrasi

Satujuang- Jessica Eiseman, seorang konselor mental dari Ajana Therapy and Clinical Service di Houston, Texas, , menekankan pentingnya melakukan perawatan diri untuk mengatasi stres.

Menurut Eiseman, stres dapat berasal dari berbagai sumber, seperti tekanan pekerjaan, masalah hubungan, hingga besar dalam hidup.

Bahkan stres yang dianggap positif, seperti membeli rumah atau mendapatkan promosi, dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan fisik seseorang.

Baca Juga :  Candle Reversal: “Lampu Kuning” Pembalikan Tren Pergerakan Harga

Eiseman menjelaskan bahwa stres dapat menimbulkan gejala fisik, emosional, kognitif, dan perilaku yang merugikan, seperti sakit kepala, kelelahan, kecemasan, dan perubahan perilaku.

Meskipun stres dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan produktivitas, stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah fisik dan mental yang serius.

Baca Juga :  5 Tips Mudah Meningkatkan Kesehatan Mental Anda di Rumah

Untuk mengelola stres, Eiseman menyarankan untuk menyempatkan waktu untuk diri sendiri, menghindari paparan terlalu lama pada media , dan membangun rutinitas sebelum tidur.

Menetapkan batasan yang sehat dalam interaksi dan menemukan waktu untuk menikmati aktivitas yang menyenangkan juga penting dalam mengurangi stres.

Yang tak kalah pentingnya, Eiseman menekankan perlunya mencari saat mengalami stres.

Baca Juga :  Mengungkap 10 Manfaat Luar Biasa dari Buah Kiwi bagi Kesehatan Anda

Dukungan dari teman dan serta konseling profesional dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres secara efektif.

Eiseman menegaskan bahwa mengelola stres adalah proses yang berkelanjutan dan penting untuk memprioritaskan perawatan diri dan mencari dukungan saat dibutuhkan.(NT/antara)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News