Wow, Suara Ikan Mini dari Myanmar Ini Mampu Saingi Pesawat Jet

Avatar Of Yusnita
Wow, Suara Ikan Mini Dari Myanmar Ini Mampu Saingi Pesawat Jet
Ikan Danionella cerebrum

Satujuang- Sebuah penemuan mengejutkan datang dari Myanmar, dimana sebuah spesies kecil bernama Danionella cerebrum mampu mengeluarkan suara sangat keras.

Dilansir dari Kumparan, suara spesies ini mencapai lebih dari 140 desibel. Meski hanya memiliki panjang total sekitar 1,2 sentimeter, ini mampu bersaing dengan kebisingan jet lepas landas.

Para peneliti dari Senckenberg Natural History Collections di Dresden mengungkap bahwa suara yang dihasilkan oleh D. cerebrum berasal dari getaran kandung kemih saat otot berkontraksi, menyebabkan struktur membentur kandung kemih tersebut.

Baca Juga :  Jumat Curhat, Polsek Mukomuko Selatan Tampung Aspirasi Masyarakat

Keunikan lain dari ini terletak pada kemampuannya menggunakan kontraksi otot berulang pada satu sisi tubuhnya, yang tidak umum dijumpai pada lain yang menggunakan metode serupa.

D. cerebrum juga memiliki dua otot sonik yang menampung tulang rawan gendang. Kontraksi otot ini mempercepat tulang rawan gendang dengan kekuatan lebih dari 2.000 g, melepaskannya ke kantung renang, dan menghasilkan suara keras.

Baca Juga :  Ketua DJA II Hadiri Sertijab Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD V/BRAWIJAYA

Spesies ini banyak ditemukan di perairan dangkal dan keruh di Myanmar, sulit untuk ditemukan atau diamati di alam liar.

Para peneliti menduga bahwa ini berkembang dengan metode alternatif karena lingkungannya yang sulit diakses.

Selain sebagai objek penelitian biologis, D. cerebrum juga menjadi organisme model dalam penelitian biomedis karena kemampuannya menghabiskan seluruh hidupnya dengan tubuh yang transparan.

Baca Juga :  Akibat Buang Limbah Nuklir ke Laut, Warga Jepang Dihantui Teror Telepon

Temuan ini memperkaya pemahaman kita tentang adaptasi unik hewan kecil yang dapat menghasilkan suara hebat di dalam ekosistem yang beragam.(NT)

Google News Satujuang

Dapatkan update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News